ANEKA TIPS

Bagaimana Jika Calon Konsumen Bilang Kemahalan?





Bagi Anda yang sudah memulai bisnis mungkin pernah menjumpai pembeli yang bilang kalau produk yang Anda jual harganya mahal.

Jika tidak ada kesepakatan harga, bisa ditebak ujungnya, pembeli tersebut tidak jadi beli sehingga tidak ada transaksi yang terjadi.

Ini adalah hal yang wajar dan mungkin pernah dialami oleh setiap penjual. Bahkan ketika mengalami hal tersebut tidak sedikit penjual yang berpikir untuk menurunkan harga. Mereka berprinsip untung sedikit tidak apa-apa, yang penting laku.

Apakah seperti ini bagus untuk bisnis Anda? Dan apa yang perlu Anda katakan ke pembeli yang bilang produk Anda mahal ini?


1. Berikan alasannya

Jangan pernah mengatakan bahwa harga Anda “baik” atau “terjangkau” atau “wajar” atau lainnya. Apa pun kata calon pembeli tentang harga Anda, sepakati saja. Kemudian lanjutkan mengatakan sesuatu seperti, “Ibu, produk ini sudah pasti tidak murah. Namun, ada alasan mengapa harganya seperti ini. Coba saya jelaskan mengapa kami meminta seharga ini.” atau “Ada alasan yang baik mengapa ribuan orang seperti Anda memeriksa produk kami dengan teliti, membandingkannya dengan pesaing kami, dan memutuskan untuk membayar lebih mahal. Apakah Anda tertarik untuk mengetahuinya?”


2. Buatlah penasaran

Jika Anda menarik harga tinggi, berbanggalah! Jika calon pembeli berkata, “Ini benar-benar mahal!” maka katakanlah, “Iya, Pak. Sebenarnya, kami memang pemasok yang punya harga tertinggi untuk produk ini di pasar. Dan sekarang kami menjual lebih banyak daripada sebelumnya. Apakah Anda tertarik mengetahui mengapa begitu banyak orang membeli produk kami dan menggunakan layanan kami meskipun kami punya harga lebih mahal?” Anda biasanya akan mendapatkan jawaban YA.


3. Bandingkan dengan pesaing

Ketika calon pembeli berkata, “Harganya kemahalen.” jawablah “Dibandingkan apa, Pak?” Seringkali ia tidak mengerti apa yang dikatakannya. Ia tidak mengetahui sedikit pun tentang produk Anda, atau produk lain yang serupa. Prospek dapat berkata “Yah, dibandingkan produk XYZ”
Anda jawab, “Benar, produk XYZ memang serupa dengan produk kami, tapi tidak memiliki manfaat dan ciri yang kami miliki. ” Tunjukkan pada calon pembeli perbandingan harga tertulis. Logika menghasilkan penjualan.

Lalu adalah penting untuk mengetahui apa yang diperbandingkan prospek. Selalu bandingkan apel dengan apel, jeruk dengan jeruk. Artinya, Anda tidak bisa membandingkan harga mobil mercedes dengan honda. Selidiki harga pokok yang dibebankan pesaing Anda, dan alasan perbedaan harga.


4. Tawarkan beberapa pilihan

Terkadang calon pembeli mengatakan bahwa mereka “kekurangan uang tunai”. Untuk menanggapinya, Anda dapat mengajukan pertanyaan, “Bagaimana jika saya tawarkan cicilan, jadi Anda bisa melunasinya dalam jangka waktu yang lebih panjang?” Jika customer benar-benar menginginkannya, hampir dipastikan ia akan setuju.

Nah ini adalah beberapa cara mengatasi calon pembeli yang merasa kemahalan, tentukan
harga produk anda dengan baik, tidak memberatkan konsumen namun tidak juga membuat rugi bisnis anda.

Pesan Ini dipersembahkan oleh,
Muslim Entrepreneur University
melalui Agen MASYKUR ARYA

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar